Bagaimana komentar Anda terhadap Blog ini??

Cari Blog Ini

Senin, 10 Desember 2012

RPP KKPI--KD Mengidentifikasi Data Piutang Lainnya


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Bidang Studi Keahlian      : Bisnis dan Manajemen
Program Studi Keahlian  : Keuangan
Kompetensi Keahlian        : Akuntansi
Mata Pelajaran                      : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester                      : XI/1
Pertemuan Ke-                       : 5 (lima)
Alokasi Waktu                        : 3 jam pelajaran (@ 45 menit)
Standar Kompetensi          : Mengelola Kartu Piutang
Kompetensi Dasar               : Mengidentifikasi Data Piutang:
                                                           Data Mutasi Piutang lainnya Diidentifikasi
Indikator                                    : 
1.     Dapat mengidentifikasi data mutasi piutang lainnya dengan benar dan teliti.
2.    Dapat menghitung mutasi piutang lainnya dengan jujur dan teliti.

I.          TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1.     Mengidentifikasi data mutasi piutang lainnya dengan benar dan teliti.
2.    Menghitung mutasi piutang lainnya dengan benar dan jujur.

II.          MATERI AJAR
1.     Mengidentifikasi data mutasi piutang lainnya
Adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencari dan mengelompokkan data-data yang mengakibatkan perubahan pada saldo piutang masing-masing pelanggan yang berasal dari transaksi selain penjualan barang atau jasa secara kredit.
2.    Menghitung mutasi piutang lainnya
Kegiatan yang dilakukan untuk menghitung perubahan-perubahan bertambah dan berkurangnya jumlah piutang selain dari penjualan barang/jasa secara kredit maupun pelunasan/pembayaran piutang sehingga diketahui saldo piutang masing-masing langganan tiap akhir periode.

III.          METODE PEMBELAJARAN
A.        Strategi Pembelajaran        : Student Centre Learning (Group)
B.        Model Pembelajaran            : Cooperative Learning: Think Pair Share
C.        Metode Pembelajaran         : Ceramah, Demonstrasi, dan Diskusi

IV.          KEGIATAN PEMBELAJARAN
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dimuka, langkah-langkah pembelajaran dirancang agar dapat diselesaikan dalam 1 kali pertemuan sebanyak 3 jam pelajaran @ 45 menit dengan strategi pembelajaran sebagai berikut:

No.
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran
Pendidikan Karakter
Pendidikan lifeskill/
KWU
1.
10’
Kegiatan Awal
a.    Siswa membersihkan lingkungan dalam maupun luar kelas
b.   Guru memeriksa ketertiban siswa dalam berpakaian
c.    Berdoa bersama
d.   Memberi salam
e.    Presensi
f.     Guru  menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran
g.   Apersesi materi pada pertemuan sebelumnya tentang mengidentifikasi saldo awal piutang, data piutang masing-masing pelanggan, dan menghitung mutasi piutang masing-masing pelanggan.

Peduli lingkungan
Disiplin

Religius/Taqwa
Cinta damai
Disiplin
Rasa ingin tahu



Rasa ingin tahu

Peduli lingkungan
Disiplin

Religius/Taqwa
Beretika
Kedisiplinan




Berwawasan luas
2.
105’
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
1)  Guru menjelaskan pengertian dan cara mengidentifikasi saldo awal piutang masing-masing pelanggan, mengidentifikasi data piutang masing-masing pelanggan dan menghitung mutasi piutang masing-masing pelanggan dengan menggunakan presentasi PowerPoint.
2)  Guru mendemostrasikan cara menghitung mutasi piutang lainnya melalui contoh kasus perhitungan mutasi piutang lainnya.
b.   Elaborasi
1.     Guru menjelaskan model pembelajaran think pair share yang akan digunakan beserta penjelasan aturan mainnya.
2.    Tahapan Think:
Guru memberikan soal/kasus mengenai perhitungan mutasi piutang lainnya kemudian tiap siswa mengerjakan soal/kasus tersebut secara individual.
3.    Tahapan Pair:
Siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya kemudian siswa mendiskusikan soal/kasus yang telah dikerjakannya.
4.   Tahapan Share:
Guru memilih secara acak satu pasang siswa untuk berbagi pendapat atau presentasi di depan kelas mengenai jawaban atas kasus yang telah dikerjakan dan didiskusikan dengan bimbingan guru.
c.    Konfirmasi
1)    Setelah siswa presentasi, siswa lain boleh memberikan tanggapan atau pertanyaan terhadap jawaban atas kasus tersebut.
2)   Guru memberikan tanggapan/penguatan untuk hasil diskusi siswa.


Rasa ingin tahu









Rasa ingin tahu





Rasa ingin tahu




Tanggung jawab





Kerja sama





Berani berpendapat
Tanggung jawab





Menghargai pendapat orang lain




Berwawasan luas








Rasa ingin tahu





Rasa ingin tahu




Tanggung jawab





Kerja sama





Berani berpendapat
Tanggung jawab





Memberikan apresiasi positif bagi sesamanya
Inovatif dan kreatif

3.

20’
Kegiatan Akhir/Penutup
a.    Guru memberikan refleksi dan bersama-sama dengan murid membuat kesimpulan mengenai materi yang dibahas.
b.   Guru mengevaluasi pembelajaran pada pertemuan ke-5.
c.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan ke-6.
d.   Guru menginstruksikan pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
e.    Berdoa bersama.
f.     Guru memberi salam penutup.

Kerja sama



Rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu


Gemar membaca

Religius
Cinta damai

Kerja sama



Evaluatif

Perencanaan yang matang

Gemar membaca

Religius
Beretika



V.          SUMBER BAHAN, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.   Sumber Bahan
Somantri Hendi. 2004. Memahami Akuntansi SMK Seri B. Bandung: Armico.
Utomo Satrio Budi. Modul Mengelola Kartu Piutang. Diakses melalui  http://downloads.ziddu.com/downloadfile/10889479/ModulKartuPiutang.doc.html

B.   Alat
-       Alat tulis kantor
-       Hand out materi

C.   Media Pembelajaran
-       Papan tulis dan kelengkapannya
-       Laptop
-       LCD

VI.          PENILAIAN HASIL BELAJAR
A.   Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
B.   Bentuk Penilaian         : Uraian
C.   Instrumen Penilaian : Terlampir


Karanganyar,    November 2012
Mengetahui,
       Guru Mata Pelajaran                                                                       Mahasiswa Praktikan                                             


   Endang Mardiyati, S.Pd.                                                           Dhany Efita Sari
NIP. 19690606 200801 2 027                                                                        NIM. K7409036


                                      Dosen Pembimbing                                                    



                                       Dr. Susilaningsih, M.Bus                                               
                                       NIP. 19590530 198603 2 001


LAMPIRAN

A.     Instrumen Soal
Nyonya Soimah menyewa satu ruangan untuk usaha tokonya. Pada tanggal 1 Juli 2010 Ny. Soimah membayar sewa ruang tokonya sebesar Rp 3.600.000,00 untuk jangka waktu 1 tahun sejak tanggal 1 Juli 2010. Hitunglah besarnya piutang Ny. Soimah (Piutang Sewa) pada tanggal 31 Desember 2010!



B.     Lembar Kerja Siswa
1.       ..................................................................



C.      Kunci Jawaban
Besarnya piutang Ny. Soimah (Piutang Sewa) per 31 Desember 2010 dapat dihitung sebagai berikut:
Saldo piutang per 1 Juli 2010                                                                               Rp  3.600.000,00
Sewa yang sudah menjadi beban selama 6 bulan                
(1 Juli s/d 31 Desember 2010 6/12 x 3.600.000)                 Rp 1.800.000,00
Saldo piutang per 31 Desember 2010                                                             Rp 1.800.000,00









D.     Norma Penilaian
KKM: 75
Kriteria Penilaian
Skor Perolehan
Nilai Akhir
Menuliskan saldo awal piutang lainnya dengan benar
20%
20
Kebenaran dalam penjumlahan atau pengurangan data mutasi terhadap saldo piutang lainnya
50%
50
Menghitung saldo akhir piutang lainnya dengan benar
30%
30
Total Nilai
100

Keterangan:
Siswa yang memperoleh nilai akhir di bawah 75, harus mengerjakan ulang soal yang sama, setelah mendapatkan bimbingan dari guru sampai siswa tersebut mendapatkan nilai di atas 75.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar