RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Bidang
Studi Keahlian      : Bisnis dan Manajemen
Program
Studi Keahlian    : Keuangan
Kompetensi
Keahlian        : Akuntansi
Mata
Pelajaran                   : Kompetensi
Kejuruan
Kelas/Semester                  : XI/1
Pertemuan
Ke-                   : 2 (dua)
Alokasi
Waktu                   : 3 jam pelajaran
(@ 45 menit)
Standar
Kompetensi          : Mengelola Kartu
Piutang
Kompetensi
Dasar             : Mempersiapkan
Pengelolaan Kartu Piutang 
Indikator                            :  
1.   
Dapat menjelaskan metode prosedur
pencatatan piutang dengan benar dan kreatif.
2.   
Dapat menyebutkan unit organisasi yang
terlibat dalam pengelolaan piutang dengan benar.
I.         
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1.   
Menyebutkan unit organisasi yang terkait
dalam pengelolaan piutang dengan benar.
2.   
Menjelaskan metode prosedur pencatatan
piutang dengan benar. 
II.         
MATERI
AJAR
1.   
Unit organisasi yang terkait dalam
pengelolaan piutang terdiri atas:
a.   
Bagian sekretariat, fungsinya adalah
sebagai berikut:
b.   
Bagian kasa,
fungsinya adalah sebagai berikut:
c.   
Bagian Piutang,
fungsinya adalah sebagai berikut:
d.  
Bagian
penagihan, fungsinya adalah sebagai berikut:
e.   
Bagian jurnal
dan buku besar, fungsinya adalah sebagai berikut:
2.   
Metode/Prosedur Pencatatan Piutang
a.      
Sumber Data Transaksi yang Diperlukan
untuk Pengelolaan Kartu Piutang

b.     
Metode Pencatatan Piutang
Dalam
buku besar disediakan satu akun piutang untuk setiap debitur.
     Dalam pencatatan pencatatan metode ini
disamping kartu piutang sebagai buku pembantu, dalam buku  besar disediakan satu akun untuk  mutasi piutang secara keseluruhan.
     Menurut metode ini, bagian penagihan tiap
hari membuat rekapitulasi total harga faktur untuk penjualan kredit  yang terjadi pada hari yang bersangkutan.
III.         
METODE
PEMBELAJARAN
A.   
Student Centre Learning (Group)
B.    
Metode Pembelajaran : Ceramah dan Tanya
Jawab
IV.         
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dimuka, langkah-langkah
pembelajaran dirancang agar dapat diselesaikan dalam 1 kali pertemuan sebanyak
3 jam pelajaran @ 45 menit dengan strategi pembelajaran sebagai berikut:
No. 
 | 
  
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
Pendidikan
  Karakter 
 | 
  
Pendidikan
  lifeskill/ 
KWU 
 | 
 
1. 
 | 
  
10’ 
 | 
  
Kegiatan
  Awal 
a.    Siswa
  membersihkan lingkungan dalam maupun luar kelas 
b.    Guru
  memeriksa ketertiban siswa dalam berpakaian 
c.    Berdoa
  bersama 
d.   Memberi
  salam 
e.    Presensi 
f.     Guru  menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta
  tujuan pembelajaran 
g.    Apersesi
  tentang materi yang disampaikan pada pertemuan ke-1 yaitu tentang pengertian
  piutang, klasifikasi piutang, perlengkapan dan peralatan yang digunakan dalam
  pengelolaan piutang serta cara menyiapkan perlengkapan dan peralatan
  tersebut. Kemudian apersepsi ini dikaitkan dengan materi yang hendak
  diajarkan pada pertemuan ke-2 ini. 
 | 
  
Peduli
  lingkungan 
Disiplin 
Religius/Taqwa 
Cinta
  damai 
Disiplin 
Rasa
  ingin tahu 
Rasa
  ingin tahu 
 | 
  
Peduli
  lingkungan 
Disiplin 
Religius/Taqwa 
Beretika  
Kedisiplinan  
Berwawasan luas 
 | 
 
2. 
 | 
  
105’ 
 | 
  
Kegiatan Inti 
a.     Eksplorasi 
1)  Guru
  menjelaskan tentang unit organisasi yang terkait dalam pengelolaan piutang
  serta metode dan prosedur pencatatan piutang melalui presentasi PowerPoint. 
2)   Guru
  mengecek seberapa pemahaman siswa terhadap materi yang baru saja diajarkan
  melalui tanya jawab terhadap siswa secara random/acak. 
b.    Elaborasi 
1.    Guru
  membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok diskusi. 
2.    Guru
  membagikan latihan soal (kasus) kepada tiap-tiap kelompok. 
3.    Siswa
  mendiskusikan soal bersama masing-masing kelompoknya kemudian
  mempresentasikannya ke depan kelas. 
c.    Konfirmasi 
1)   Setelah
  siswa presentasi, siswa lain memberikan tanggapan. 
2)   Guru
  memberikan nilai lebih kepada siswa yang aktif. 
3)   Guru
  memberikan tanggapan/penguatan untuk hasil diskusi siswa. 
 | 
  
Rasa
  ingin tahu 
Kreatif 
Mandiri 
Demokrasi 
Rasa
  saling menghargai 
Tanggung
  jawab 
Berani
  berpendapat 
Menghargai
  pendapat orang lain 
Tanggung
  jawab 
 | 
  
Berwawasan luas 
Kreatif 
Mandiri
   
Kerja sama 
Rasa
  saling menghargai 
Tanggung
  jawab 
Kreatif dan inovatif 
Memberikan apresiasi positif pada
  orang lain 
Inovatif dan kreatif 
 | 
 
3. 
 | 
  
20’ 
 | 
  
Kegiatan
  Akhir/Penutup 
a.   
  Guru
  memberikan refleksi dan bersama-sama dengan murid membuat kesimpulan mengenai
  materi yang dibahas.  
b.   
  Guru
  mengevaluasi pembelajaran pada pertemuan ke-2. 
c.   
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan ke-3. 
d.  
  Guru
  menginstruksikan pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya. 
e.   
  Berdoa
  bersama. 
f.    
  Guru
  memberi salam penutup. 
 | 
  
Kerja
  sama 
Rasa
  ingin tahu 
Rasa
  ingin tahu 
Gemar
  membaca 
Religius 
Cinta
  damai 
 | 
  
Kerja sama 
Evaluatif 
Perencanaan yang matang 
Religius 
Beretika  
 | 
 
V.         
SUMBER
BAHAN, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.  Sumber Bahan
Somantri
Hendi. 2004. Memahami Akuntansi SMK Seri
B. Bandung: Armico.
Utomo
Satrio Budi. Modul Mengelola Kartu
Piutang. Diakses melalui  http://downloads.ziddu.com/downloadfile/10889479/ModulKartuPiutang.doc.html
B.  Alat
-      
Alat tulis kantor
-      
Hand out materi
-      
Dokumen transaksi
C.  Media
Pembelajaran
-      
Papan tulis dan kelengkapannya
-      
Laptop
-      
LCD
VI.         
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
A.  Teknik
Penilaian         : Tes Tertulis
B.  Bentuk
Penilaian        : Uraian
C.  Instrumen
Penilaian    : Terlampir
LAMPIRAN
A.   
Instrumen
Soal
1.     
Sebutkan unit organisasi yang terkait dalam
pengelolaan piutang!
2.     
Jelaskan fungsi/tugas yang dilakukan pada bagian piutang!
3.     
Sebutkan transaksi apa saja yang mempengaruhi mutasi
dalam kartu piutang dan jelaskan pengaruhnya terhadap saldo piutang!
4.     
Sebut dan jelaskan tentang metode pencatatan
piutang!
5.     
Gambarkan langkah-langkah pencatatan piutang metode
posting langsung dalam kartu piutang!
B.    
Lembar
Kerja Siswa
1.     
..................................................................
2.     
..................................................................
3.     
..................................................................
4.     
..................................................................
5.     
..................................................................
C.   
Kunci
Jawaban
1.      Unit organisasi yang terkait dalam pengelolaan piutang
adalah sebagai berikut:
a.       Bagian sekretariat
b.      Bagian kasa
c.       Bagian piutang
d.      Bagian penagihan
e.       Bagian jurnal dan buku besar
2.      Fungsi/tugas yang dilakukan
pada bagian piutang adalah mencatat
mutasi piutang dalam kartu piutang dan membuat surat pernyataan piutang serta laporan
posisi piutang pada tiap debitur.
3.       
Transaksi 
 | 
  
Pengaruh
  terhadap saldo piutang 
 | 
 
Transaksi penjualan kredit 
 | 
  
[ + ] 
 | 
 
Transaksi retur penjualan 
 | 
  
[ -  ] 
 | 
 
Transaksi penghapusan piutang 
 | 
  
[
  -  ] 
 | 
 
Transaksi penerimaan kas dari piutang 
 | 
  
[
  -  ] 
 | 
 
4.     
Metode pencatatan piutang:
a.   
Pencatatan piutang metode konvensional 
Dalam
buku besar disediakan satu akun piutang untuk setiap debitur.
b.   
Pencatatan dengan akun buku besar
piutang sebagai rekening control
Dalam
pencatatan metode ini disamping kartu piutang sebagai buku pembantu, dalam buku  besar disediakan satu akun untuk  mutasi piutang secara keseluruhan.
c.   
Pencatatan piutang metode posting
langsung dalam kartu piutang 
Menurut
metode ini, bagian penagihan tiap hari membuat rekapitulasi total harga faktur
untuk penjualan kredit  yang terjadi pada
hari yang bersangkutan.
5.     
Langkah-langkah pencatatan piutang
metode posting dalam kartu piutang adalah sebagai berikut:
D.   
Norma
Penilaian
KKM:
75
Skor
  Perolehan 
 | 
  
Soal
  Nomor 
 | 
  
Jumlah
  Skor 
 | 
  
Nilai
  Akhir 
 | 
 ||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
5 
 | 
 |||
100% 
 | 
  
10 
 | 
  
10 
 | 
  
15 
 | 
  
30 
 | 
  
35 
 | 
  
100 
 | 
  
100 
 | 
 
75% 
 | 
  
8 
 | 
  
8 
 | 
  
12 
 | 
  
24 
 | 
  
28 
 | 
  
80 
 | 
  
80 
 | 
 
50% 
 | 
  
6 
 | 
  
6 
 | 
  
9 
 | 
  
18 
 | 
  
21 
 | 
  
68 
 | 
  
60 
 | 
 
25% 
 | 
  
4 
 | 
  
4 
 | 
  
6 
 | 
  
12 
 | 
  
14 
 | 
  
52 
 | 
  
40 
 | 
 
Salah semua 
 | 
  
2 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
6 
 | 
  
7 
 | 
  
36 
 | 
  
20 
 | 
 
Keterangan:
Siswa
yang memperoleh nilai akhir di bawah 75, harus mengerjakan ulang soal yang
sama, setelah mendapatkan bimbingan dari guru sampai siswa tersebut mendapatkan
nilai di atas 75.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar