RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Bidang
Studi Keahlian      : Bisnis dan Manajemen
Program
Studi Keahlian    : Keuangan
Kompetensi
Keahlian        : Akuntansi
Mata
Pelajaran                   : Kompetensi
Kejuruan
Kelas/Semester                  : XI/1
Pertemuan
Ke-                   : 3 (tiga)
Alokasi
Waktu                   : 3 jam pelajaran
(@ 45 menit)
Standar
Kompetensi          : Mengelola Kartu
Piutang
Kompetensi
Dasar             : Data Transaksi Piutang
Disediakan 
Indikator                            :  
1.    Dapat
menyediakan sumber data transaksi yang diperlukan untuk pengelolaan kartu
piutang secara lengkap dan mandiri.
2.    Dapat
memeriksa kebenaran dan keabsahan bukti transaksi piutang.
I.         
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan siswa
dapat:
1.    Menyediakan
sumber data transaksi yang diperlukan untuk pengelolaan kartu piutang.
2.    Memeriksa
kebenaran dan keabsahan bukti transaksi secara teliti.
II.         
MATERI
AJAR
1.    Sumber
Data Transaksi yang Diperlukan Untuk Pengelolaan Kartu Piutang
Sumber data
transaksi yang diperlukan untuk pengelolaan kartu piutang adalah:
a.    Data
transaksi penjualan barang dagangan dengan pembayaran kredit.
b.    Data
transaksi penjualan retur dari penjualan kredit.
c.    Data
transaksi penerimaan pembayaran piutang dari debitur.
d.   Data
transaksi penghapusan piutang.

2.    Kebenaran
dan keabsahan bukti transaksi piutang
Kebenaran dan
keabsahan bukti transaksi piutang dapat dilihat dari dua macam yaitu:
a.    Keabsahan
secara administratif
Bukti transaksi
dikatakan benar dan sah secara administratif, jika sudah ditandatangani oleh
pihak-pihak yang terkait dengan bukti transaksi tersebut.
b.   Keabsahan
secara nominal
Bukti transaksi
dikatakan benar dan sah secara nominal, jika nilai nominal yang tertulis pada
bukti transaksi sudah sesuai dengan nominal transaksi ang sebenarnya.
III.         
METODE
PEMBELAJARAN
A.    Student
Centre Learning (Group)
B.     Metode
Pembelajaran : Ceramah dan Coooperative Learning (metode Jigsaw)
IV.         
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan dimuka, langkah-langkah pembelajaran dirancang agar dapat
diselesaikan dalam 1 kali pertemuan sebanyak 3 jam pelajaran @ 45 menit dengan strategi
pembelajaran sebagai berikut:
No. 
 | 
  
Alokasi Waktu 
 | 
  
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
Pendidikan
  Karakter 
 | 
  
Pendidikan lifeskill/ 
KWU 
 | 
 
1. 
 | 
  
10’ 
 | 
  
Kegiatan Awal 
a.   
  Siswa membersihkan lingkungan dalam maupun luar
  kelas 
b.   
  Guru memeriksa ketertiban siswa dalam berpakaian 
c.   
  Berdoa bersama 
d.  
  Memberi salam 
e.   
  Presensi 
f.    
  Guru  menginformasikan kompetensi
  dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran 
g.   
  Apersesi data
  transaksi dalam pengelolaan piutang dan kebenaran serta keabsahan bukti
  transaksi piutang
  dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia
  usaha 
 | 
  
Peduli
  lingkungan 
Disiplin 
Religius/Taqwa 
Cinta damai 
Disiplin 
Rasa ingin
  tahu 
Rasa ingin
  tahu 
 | 
  
Peduli
  lingkungan 
Disiplin 
Religius/Taqwa 
Beretika  
Kedisiplinan  
Berwawasan luas 
 | 
 
2. 
 | 
  
105’ 
 | 
  
Kegiatan
  Inti 
a.    
  Eksplorasi 
1) 
  Guru menjelaskan sumber data transaksi yang diperlukan dalam pengelolaan piutang dan
  kebenaran serta keabsahan bukti transaksi piutang dengan
  menggunakan presentasi PowerPoint. 
2)  
  Guru menggali kemampuan siswa melalui
  pertanyaan-pertanyaan berikut: 
a)  
  Apakah siswa
  mengetahui  apa saja bukti transaksi
  yang diperlukan dalam pengelolaan piutang di dunia usaha ataupun dalam
  kehidupan sehari-hari? 
b)  
  Apa sajakah
  faktor yang mempengaruhi keabsahan dan kebenaran data transaksi piutang dalam
  kehidupan sehari-hari? 
b.   
  Elaborasi 
1.   
  Guru menjelaskan
  prosedur dan langkah-langkah metode Jigsaw yang digunakan dalam pembelajaran. 
2.   
  Guru membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok
  diskusi. 
3.   
  Guru menyediakan bukti transaksi yang diperlukan dalam pengelolaan kartu
  piutang sesuai dengan soal yang diberikan. Selain itu, siswa juga
  dibagikan kartu menjodohkan di iap kelompoknya. Setelah itu setiap kelompok diwakili oleh beberapa siswa mencari bukti
  transaksi yang telah disediakan oleh guru. Selain itu
  siswa juga bekerja dalam kelompoknya untuk emnjodohkan kartu yang telah
  disediakan sesuai dengan soal ke-2 yang telah diberikan. 
4.   
  Siswa mendiskusikan dalam kelompoknya
  dan mengerjakan bukti transaksi beserta kartu menjodohkan yang telah diambil dan disediakan sesuai dengan soal
  ke-1 dan ke-2 yang diberikan guru, kemudian tiap kelompok mempresentasikan hasilnya ke depan kelas. 
c.   
  Konfirmasi 
1)  
  Setelah siswa presentasi, siswa lain memberikan
  tanggapan. 
2)  
  Guru memberikan nilai lebih kepada siswa yang
  aktif. 
3)  
  Guru memberikan tanggapan/penguatan untuk hasil pengisian bukti transaksi serta hasil menjodohkan kartu
  yang telah disediakan sesuai dengan
  soal ke-1
  dan ke-2 yang diberikan guru. 
4)  
  Guru memberikan reward/hadiah bagi kelompok yang mendapatkan skor paling tinggi. 
 | 
  
Rasa ingin
  tahu 
Rasa ingin
  tahu 
Rasa ingin tahu 
Demokrasi 
Kreatif dan inovatif 
Kecepatan Berpikir 
Tanggung jawab 
Demokrasi 
Berani berpendapat 
Menghargai pendapat orang lain 
Menghargai pendapat orang lain 
 | 
  
Berwawasan luas 
Berwawasan luas 
Rasa ingin tahu 
Demokrasi  
Kreatif dan inovatif 
 | 
 
3. 
 | 
  
20’ 
 | 
  
Kegiatan
  Akhir/Penutup 
a.   
  Guru
  memberikan refleksi dan bersama-sama dengan murid membuat kesimpulan mengenai
  materi yang dibahas.  
b.   
  Guru
  mengevaluasi pembelajaran pada pertemuan ke-3. 
c.   
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan ke-4. 
d.  
  Guru
  menginstruksikan pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya. 
e.   
  Berdoa
  bersama. 
f.    
  Guru
  memberi salam penutup. 
 | 
  
Kerja sama 
Rasa ingin
  tahu 
Rasa ingin
  tahu 
Gemar membaca 
Religius 
Cinta damai 
 | 
  
Kerja sama 
Evaluatif 
Perencanaan yang matang 
Gemar membaca 
Religius 
Beretika  
 | 
 
V.         
SUMBER
BAHAN, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.  Sumber Bahan
Somantri Hendi. 2004. Memahami Akuntansi SMK Seri B. Bandung: Armico.
Utomo Satrio Budi. Modul Mengelola Kartu Piutang. Diakses melalui  http://downloads.ziddu.com/downloadfile/10889479/ModulKartuPiutang.doc.html
B.  Alat
-       Alat
tulis kantor
-       Handout
materi dan handout soal
-       Dokumen
transaksi yang diperlukan
dalam pengelolaan kartu piutang
-       Kertas HVS untuk tempat menempel dokumen transaksi yang
telah dibuat
C.  Media
Pembelajaran
-       Papan
tulis dan kelengkapannya
-       Laptop
-       LCD
VI.         
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
A.  Teknik
Penilaian         : Tertulis
B.  Bentuk
Penilaian        : Pengisian Bukti Transaksi
C.  Instrumen
Penilaian    : Penilaian Kognitif dan Psikomotorik (Terlampir)
LAMPIRAN
A.  Instrumen Soal
1.   
Data mutasi
piutang PT Ridho Jaya dalam bulan Agustus 2011 adalah sebagai berikut:
Saldo akhir bulan Juli
2011 adalah Rp 11.450.000,00
Mutasi dalam bulan Agustus 2011:
·     
Agustus 6,
penjualan kredit kepada PD Anugerah seharga Rp 6.450.000,00; syarat n/30
·     
Agustus 10,
penerimaan pembayaran sebesar Rp 6.000.000,00
·     
Agustus 16,
penjualan kredit pada Toko Murah seharga Rp 5.750.000,00; syarat n/30
·     
Agustus 20,
penjualan retur kepada Toko Murah seharga Rp 500.000,00
·     
Agustus 25,
penerimaan pembayaran dari PD Anugerah sebesar Rp 5.450.000,00
·     
Agustus 27,
piutang pada Toko Hamida sebesar Rp 750.000,00 dihapuskan karena dinyatakan
tidak dapat ditagih 
Pertanyaan:
a.   
Apa saja
dokumen transaksi yang diperlukan untuk mencatat tiap mutasi piutang diatas?
b.   
Isikan tiap
data mutasi piutang diatas dalam dokumen transaksi yang dibuat!
2.   
Soal
Komprehensif Pertemuan ke-1 s/d Pertemuan ke-3
SOAL
MENJODOHKAN
“MENGELOLA
KARTU PIUTANG”
KD
KE-1: Mempersiapkan Pengelolaan Kartu Piutang
A.  PENGERTIAN PIUTANG
B.  KLASIFIKASI PIUTANG
JENIS
PIUTANG                                        
PENJELASAN
C.  METODE PROSEDUR PENCATATAN PIUTANG
METODE                                                    PENJELASAN
D.  PERALATAN DAN PERLENGKAPAN YANG
DIGUNAKAN DALAM PENGELOLAAN PIUTANG 
JENIS                                                         
FUNGSI
E.  SUMBER DATA TRANSAKSI YANG
DIPERLUKAN DALAM PENGELOLAAN KARTU PIUTANG
JENIS
TRANSAKSI                                  DOKUMEN
F.   CARA MENYEDIAKAN PERALATAN DAN
PERLENGKAPAN DALAM PENGELOLAAN KARTU PIUTANG
G.  UNIT ORGANISASI YANG TERLIBAT DALAM
PENGELOLAAN KARTU PIUTANG
UNIT
ORGANISASI                                 FUNGSI
H.  KEABSAHAN DAN KEBENARAN BUKTI
TRANSAKSI PIUTANG
JENIS
KEABSAHAN                                PENJELASAN
B.    
Lembar
Kerja Siswa
1.     
SOAL NO. 1
PT RIDHO JAYA 
SURAKARTA 
 | 
  
No.
  Faktur                   : 
Tanggal                        : 
No.
  Order                    : 
Tanggal
  Order             : 
Syarat
  Penyerahan      : 
Syarat
  Pembayaran     : 
 | 
 ||||
FAKTUR PENJUALAN 
 | 
 |||||
Dijual
  kepada               : 
Alamat                         : 
Dikirim
  kepada            : 
Alamat                         : 
Tanggal
  pengiriman     : 
Rute
  pengiriman          : 
 | 
 |||||
No.
  Urut 
 | 
  
Keterangan
  Barang 
 | 
  
Satuan 
 | 
  
Jumlah
  Satuan 
 | 
  
Harga
  Satuan 
 | 
  
Jumlah
  Harga 
 | 
 
Total 
 | 
  |||||
Kepala
  Bagian Keuangan 
Nur
  Hasan Hamidi, SE, Msi, Akt. 
 | 
 |||||
PT RIDHO JAYA SURAKARTA 
 | 
 |||||||
MEMO KREDIT 
 | 
  
Nomor Memo
  Kredit        : 
Tanggal                             : 
No. Faktur                         : 
No. Surat
  Pengiriman       : 
No. Rekening
  Langganan : 
 | 
 ||||||
Kepada: 
 | 
 |||||||
Kami telah
  mengkredit rekening saudara untuk barang sebagai berikut: 
 | 
 |||||||
No. Urut 
 | 
  
Keterangan
  Barang 
 | 
  
Satuan 
 | 
  
Jumlah Satuan 
 | 
  
Harga Satuan 
 | 
  
Jumlah Harga 
 | 
 ||
Total 
 | 
  |||||||
Bagian Order
  Penjualan 
Amir Muzakki,
  SE 
 | 
 |||||||
PT RIDHO JAYA SURAKARTA 
 | 
 |||||||
BUKTI MEMORIAL 
 | 
  
Nomor     : 
Tanggal    : 
 | 
 ||||||
Keterangan: 
 | 
  
Debet 
No. Akun 
 | 
  
Kredit 
No. Akun 
 | 
 |||||
Disetujui oleh 
Kepala Bagian Keuangan 
Nur Hasan Hamidi, SE, Msi, Akt. 
 | 
  
Diverifikasi oleh: 
Nana Amalia, Amd. 
 | 
  
Dibuat oleh: 
Bagian Kredit 
Putut Harimbawono, SE 
 | 
 |||||
JURNAL PENJUALAN
Tanggal 
 | 
  
No. Bukti 
 | 
  
Keterangan  
 | 
  
Debet 
 | 
  
Kredit 
 | 
 |
Piutang 
 | 
  
Penjualan Tunai 
 | 
  
Hasil Penjualan 
 | 
 |||
JURNAL
UMUM
Tanggal 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Ref 
 | 
  
Debet 
 | 
  
Kredit 
 | 
 
JURNAL
PENERIMAAN KAS
Tanggal 
 | 
  
No. Bukti 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Debet 
 | 
  
Kredit 
 | 
 |||
Hasil Penjualan 
 | 
  |||||||
KARTU PIUTANG 
 | 
  
No. Rekening  
  : 
Nama Debitor 
  : 
 | 
 |||||
Tanggal 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Nomor Bukti 
 | 
  
Mutasi 
 | 
  
Saldo 
 | 
 ||
DEBET 
 | 
  
KREDIT 
 | 
  
DEBET 
 | 
  
KREDIT 
 | 
 |||
KARTU PIUTANG 
 | 
  
No. Rekening   : 
Nama Debitor  : 
 | 
 |||||
Tanggal 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Nomor Bukti 
 | 
  
Mutasi 
 | 
  
Saldo 
 | 
 ||
DEBET 
 | 
  
KREDIT 
 | 
  
DEBET 
 | 
  
KREDIT 
 | 
 |||
KARTU PIUTANG 
 | 
  
No. Rekening   : 
Nama Debitor  : 
 | 
 |||||
Tanggal 
 | 
  
Keterangan 
 | 
  
Nomor Bukti 
 | 
  
Mutasi 
 | 
  
Saldo 
 | 
 ||
DEBET 
 | 
  
KREDIT 
 | 
  
DEBET 
 | 
  
KREDIT 
 | 
 |||
 Norma
Penilaian Soal No. 1
KKM: 75
Kriteria Penilaian 
 | 
  
Skor Perolehan 
 | 
  
Nilai Akhir 
 | 
 
Kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan bukti transaksi yang telah
  disediakan 
 | 
  
10% 
 | 
  
10 
 | 
 
Kelengkapan dan kebenaran dalam pengisian bukti transaksi piutang 
 | 
  
50% 
 | 
  
50 
 | 
 
Kesesuaian penjelasan proses pengisian bukti transaksi piutang dan
  penjelasan keabsahan serta kebenaran bukti transaksi piutang 
 | 
  
40% 
 | 
  
40 
 | 
 
Total Nilai 
 | 
  
100 
 | 
 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar