Bagaimana komentar Anda terhadap Blog ini??

Cari Blog Ini

Rabu, 20 Juni 2012


Model Pembelajaran Direct Instruction

Pemikiran mendasar dari model pengajaran langsung adalah bahwa siswa belajar dengan mengamati secara selektif, mengingat dan menirukan tingkah laku gurunya. Direct Instruction mempunyai beberapa tahapan atau fase yaitu :
1.   Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa. Pada fase satu ini guru membuka pelajaran dengan berbagai cara seperti bercerita, menampilkan penomena atau melakukan eksprimen. Memotivasi siswa dengan cara­cara tertentu dapat membangkitkan minat belajar siswa. Setelah itu guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menyampaikan informasi latar belakang pelajaran dan mempersiapkan siswa untuk belajar.
2.   Menyajikan materi, melalui demonstrasi atau eksprimen tahap demi tahap. Pada fase ini guru menggali konsep­konsep siswa dan menghubungkan dengan konsep yang benar.
3.   Membimbing pelatihan. Siswa sibuk melakukan kegiatan belajar, sedangkan guru hanya memberikan bantuan atau bimbingan kepada siswa yang memerlukan. Siswa diarahkan pada pemahaman sendiri dari pengalaman­ pengalaman baru berdasarkan pada pengalaman awal yang dimiliki oleh siswa.
4.   Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. Pada fase ini guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik ? Guru juga dapat memberi umpan balik terhadap suatu materi yanga belum terpecahkan.
5.   Memberi kesempatan untuk pelatihan selanjutnya dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan nyata.
Adapun ruang lingkup model pembelajaran Direct Instruction adalah sebagai berikut :
1.   Pendekatan Pembelajaran Direct Instruction
Pendekatan Pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran Direct Instruction adalah Teacher Centered Approach. Hal ini merujuk kepada fase nomor 2 menurut Kardi dan M. Nur (2000) yang menyatakan bahwa guru ``menyajikan materi, melalui demonstrasi atau eksprimen tahap demi tahap. Pada fase ini guru menggali konsep­konsep siswa dan menghubungkan dengan konsep yang benar''
2.   Strategi Pembelajaran Direct Instruction
Strategi Pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran Direct Instruction adalah Group­ Individual Learning. Siswa sibuk melakukan kegiatan belajar, sedangkan guru hanya memberikan bantuan atau bimbingan kepada siswa yang memerlukan. Siswa diarahkan pada pemahaman sendiri dari pengalaman­pengalaman baru berdasarkan pada pengalaman awal yang dimiliki oleh siswa''.